Advertisement 728 X 90

PASANG IKLAN DISINI BANNER UKURAN 728 X 90 CUMAN 100.000 PER BULAN
Home » » Cara Bertanam Dalam Pot Hidroponik Rumahan 2: Persiapan Pot Tanaman dan Penjagaan Kelembaban

Cara Bertanam Dalam Pot Hidroponik Rumahan 2: Persiapan Pot Tanaman dan Penjagaan Kelembaban

Seri Pertama Cara Bertanam Dalam Pot Hidroponik Rumahan  kita sudah memabahas cara bertanam dengan sumbu dan apa sumbu yang dipakainya. Dalam seri kedua ini adalah kelanjutan yang pertama. Dimana kita belajar bagaimana persiapan pot dan cara menjaga kelembaban pada pot tanaman.  Untuk pembahasan bisa anda baca dibawah ini:

Persiapan pot dan tanaman
Penanaman dalam pot hidroponik dilakukan seperti penanaman dalam pot biasa, dengan beberapa perubahan, sehubungan dengan bentuk pot yang dirancang secara khusus itu. Mula-mula, pot hidroponik disi dengan butiran kerikil yang berukuran besar dulu. (Dulu kita memang mamakai pasir kali, tumbukan bata, atau pecahan genting tapi kini sudah dapat memakai kerikil sintetik, atau mungkin juga kerikil dari batu apung), sehingga memenuhi 2/3 bagian (diukur dari dasar). 

Lazimnya dipakai kerikil yang garis tengahnya rata-rata1 1/2 cm. Makin ke atas nanti, kerikil yang diisikan untuk memenuhi pot harus makin kecil ukurannya. Jadi lembab yang terserap di daerah bawahan itu dapat tahan lama lembabnya, karena lebih banyak yang terserap oleh butiran kerikil yang besar, sedang penguapan air di daerah atasan dapat tercegah sedikit mungkin, karena butiran kerikil yang kecil di daerah atasan mampu memenuhi karena butiran kerikil yang kecil di atasan mampu memenuhi ruangan, sampai lebih padat. 

Jika tidak diatur begini, (misalnya butiran dibuat sama besarnya, atau sama kecilnya), maka cairan yang mestinya tahan lama diserap kerikil, tidak dapat tahan lama.

Jika pot sudah terisi 2/3 bagiannya dengan kerikil, barulah ia siap untuk ditanami.

Sementara itu, tanaman yang akan dihidroponikkan dicuci akarnya sampai bersih. Biasanya tanaman hias yang kita beli dari penjual bibit ditanam dalam pot wadahnya yang lama berisi tanah dan pupuk kandang. Jelas, membersihkan akar tanaman ini harus berhati-hati benar ( sebaiknya di bawah pancuran air ledeng yang mengalir kecil), jangan sampai terlalu banyak merusak ujungnya yang lembut. Akar yang terlalu panjang sebaiknya dipotong saja sebagaian.

Cara Menjaga Kelembaban
Sesudah dipasang dan ditahan di tengah pot dengan tangan kiri, akar tanaman ditimbuni lebih lanjut dengan kerikil sampai batas leher akar atau garis tanah-nya. Garis tanah ialah batas tempat munculnya batang tanaman dari permukaan tanah. Ini mudah ditemukan, karena warna bagaiannya yang berada di bawah batas itu biasanya berbeda dengan yang berada di atasnya.

Sesudah itu tanaman tertanam rapi, pot dipasang dalam wadahnya, tetapi masih belum perlu diberi larutan makanan dulu. Sebab, tanaman toh belum pulih ujung akarnya yang rusak, waktu dibongkar pasang dari tempat tumbuhnya yang lama ke tempat penanamannya yang baru itu.

Ia belum mampu menyerap unsur makanan. Namun demikian, ia mutlak perlu disemprot dengan air biasa, untuk mengimbangi kehilangan air karena penguapan. Dan kerikil medium tanamnya pun perlu dibuat lemba terus, dengan jalan mengairinya sampai batas maksimal yang dibolehkan oleh wadah pot.

Penyemprotan tanaman dengan air biasa ini harus dilakukan setiap hari, selama tanaman masih belum segar kembali. Penyemprotan harus memakai alat penyemprot halus seperti yang biasa dipakai menyemprot obat serangga ke tanaman itu.

Selama itu pula, tanaman harus dikerundungi dengan kantong plastik bening, setiap kali selesai disemprot dan diari kerikilnya, supaya tidak terlalu banyak menguapkan air dan layu sebelum berkembang.

Biasanya, masa gawat sebelum bangun segar kembali ini sepanjang 2-3 minggu. Sesudah itu barulah kerudung plastik.

sumber: Pengalaman 


pasang iklan disini harga cuman 50.000 IDR PER BULAN

0 komentar:

Posting Komentar