Advertisement 728 X 90

PASANG IKLAN DISINI BANNER UKURAN 728 X 90 CUMAN 100.000 PER BULAN
Home » , , » Panduan Cara Pembibitan Tanaman Hidroponik Dengan Stek Batang Part I

Panduan Cara Pembibitan Tanaman Hidroponik Dengan Stek Batang Part I

Panduan Cara Pembibitan Tanaman Hidroponik Dengan Stek Batang Part I - Bagi hidroponik rumahan yang lebih banyak memelihara tanaman hias, pembibitan lebih menyenangkan karena lebih cepat berhasil jika dilakukan secara vegatatif, dengan membuat dan menyemai stek batang atau cabang, stek daun, dan umbi akar. Tanaman yang tumbuh dari stek selalu sama bentuk dan sifatnya dengan tanaman induknya.

Tanaman yang lunak batangnya, seperti kebanyakan bunga-bungaan dan sayuran, biasanya dibuat dengan mengiris cabangnya yang mudah dipisah dengan dipatahkan begitu saja dari batang induknya, tanpa perlawanan. Jika ia sulit dipatahkan, dan hanya bengkok saja, atau meninggalkan bekas patahan yang berantakan tidak bersih beraturan, maka cabang itu sudah terlalu tua untuk dijadikan stek.

Stek tanaman lunak sebaiknya dibuat paling panjang 10 cm saja. Itu dipotong dari batang tanaman induknyaa dekat di bawah suatu buku, mata tunas, atau kuncup. Stek kemudian dibuang daun-daunnya yang paling bawah, sedangkan daun dipuncuknya dibiarkan saja. Bekas potongan yang mengeluarkan getah harus ditaburi serbuk norit atau arang kayu yang halus, supaya berhenti bergetah.

Stek harus dibungkus daun pisang atau kain bersih yang dibuat lembab (bukan basah), selama pengangkutan dari kebun ke tempat pesemaian dan selama disimpan, menunggu saat disemai. Sebab ia masih dibiarkan tetap berdaun, sedangkan daun ini menguapkan air terlalu  banyak sampai dapat layu, jika tidak dibungkus lembab.

Stek batang berupa cabang yang memenuhi syarat, disemai dalam pot yang sudah diisi dengan pasir dan lumut,  sphagnum yang dibasahkan. Pelru ditekan sedikit dalam pot, supaya bahan ini menjadi medium tanam agak padat, yang memenuhi pot sampai kira-kira 2 1/2 cm di bawah tepian tas pot.

Karena stek dapat dipercepat pertumbuhan akarnya dengan hormon tanaman indole butyric acid (IBA) yang dijual dengan nama dagang Seadix atau Hormodin, dan naphthalene acetic acid (NAA) yang diperdagangkan sebagai Planofix, maka sebaiknya memberinya salah satu hormion pertumbuhan ini saja, untuk menjamin keberhasilannya disemai.

Sebelum stek ditancapkan dalam pot pesemaian, pangkal batang yang masih baru diiris dengan pisau yang tajam (boleh pisau okulasi)) atau silet, supaya permukaannya rata  dan bersih,.Permukaan  inilah yang kemudian dicelup ke dalam serbuk hormon yang sudah disiapkan di dekat deretan pot itu, kemudian diketrok - ketro sedikit supaya serbuk yang kelebihan bisa rontok, dan akhirnya stek ditancapkan dalam medium tanam di sekitar batang stek perlu ditekan - padatkan seperlunya, supaya stek kokoh benar menancapnya.

Selesai ditanam, stek demikian perlu ditutup dengan kantong plastik yang sesuai ukurannya, atau botol jem (jika steknya kecil), untuk mencegah pengupan terlalu banyak. Tetapi setiap hari tutup ini perlu dibuka sebentar selama beberapa menit, supaya ada pertukaran hawa pengap dengan udara segar dari luar, kemudian dikerudungkan kembali. Nantikan artikel Panduan Cara Pembibitan Tanaman Hidroponik Dengan Stek Batang Part II yaaa.....
pasang iklan disini harga cuman 50.000 IDR PER BULAN

0 komentar:

Posting Komentar